de-Novembre

Magento Backup Database

Posted on: January 20, 2010

Kesulitan memindahkan Magento dengan cara copy/paste atau upload/re-upload file, untuk mysql data-nya juga tidak bisa dengan sembarang import/export menggunakan phpmyadmin.
Untuk mengatasi permasalahan ini kita harus menggunakan fasilitas backup dari Magento sendiri, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Login sebagain Administrator pada back-end Magento.
  2. Masuk ke menu System->Tools->Backups.
  3. Lalu klik tombol Create Backups, tunggu beberapa saat Magento akan menyiapkan dan malakukan proses backup Magento System Anda.
  4. Setelah beberapa saat maka akan terlihat ada listing record baru pada table dibawahnya, Anda bisa liat disana tertera tanggal, beserta waktu backup. Ini adalah indikasi proses backup telah selesai.
  5. Anda bisa men-download hasil backup dengan cara mengklick link “gz” pada record backup yang Anda inginkan.
Karena Magento hanya menyediakan file backup berupa .gz saja, maka kita harus menginstall applikasi untuk membuka jenis file ini. Untuk linux applikasi untuk mengekstrak jenis file ini sudah tersedia secara automatis, untuk pengguna windows harus menginstal 7zip sofware seperti yang disarankan oleh Magento sendiri.

2 Responses to "Magento Backup Database"

[…] Pada proses restore hasil backup Magento yang telah dibahas sebelumnya pada : Magento Backup Database dan Backup Modifikasi File-file Anda di Magento ini. Agak sedikit berbeda dengan restore pada […]

[…] proses restore hasil backup Magento yang telah dibahas sebelumnya pada : Magento Backup Database dan Backup Modifikasi File-file Anda di Magento ini. Agak sedikit berbeda dengan restore pada […]

Leave a comment

Categories